Thursday, January 14, 2016

Apakah Kalsium Berbahaya?


Sudah lama dikenal bahwa minum susu sangat baik bagi kesehatan. Terlebih lagi mengkonsumsi yoghurt dalam aneka hidangan. Namun tahukah anda bahwa mengkonsumsinya secara berlebihan justru membahayakan kesehatan. Sebuah studi yang dilansir womenhealthmag.com mengungkapkannya.

Pecandu yoghurt, perhatikan: asupan kalsium tinggi dapat dikaitkan dengan kematian meningkat pada perempuan, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Medical Journal.
Para peneliti dari Universitas Uppsala di Swedia yang diikuti lebih dari 61.000 wanita selama rata-rata 19 tahun untuk menguji hubungan antara kalsium dan kematian, mengumpulkan data dari Penyebab Swedia Kematian Registry dan Swedia Mammography Cohort. Meskipun wanita dengan asupan kalsium yang sangat rendah (kurang dari 600 mg / hari) melihat peningkatan risiko kematian, temuan yang paling mengejutkan adalah wanita dengan asupan kalsium yang tinggi (lebih dari 1400 mg / hari) lebih dari dua kali lebih mungkin untuk mati daripada mereka yang mengkonsumsi antara 600 dan 999 mg / hari. Risiko meningkat lebih lanjut untuk perempuan yang suka pada makanan yang kaya kalsium sementara juga mengonsumsi suplemen.
Meskipun penting untuk mengkonsumsi antara 600 mg kalsium per hari dan 1400 mg / hari,  US Preventive Services Task Force merekomendasikan terhadap mengambil kalsium dan vitamin D suplemen kecuali Anda memiliki kekurangan.
"Tidak ada bukti ilmiah bahwa kalsium memperkuat tulang atau mencegah osteoporosis," kata endokrinologi Scott Isaacs, MD, instruktur klinis kedokteran di Emory University School of Medicine. "Ini mungkin perubahan dari apa yang telah Anda baca atau dengar di masa lalu."
Tentu saja, Anda tidak harus meninggalkan kalsium sama sekali. Itu masih penting untuk beberapa proses fisiologis, seperti mengatur hormon dan mempertahankan otot. Untuk wanita usia 19-50, RDA adalah 1.000 mg. Bertujuan untuk mengatur jumlah yang sesuai dengan mengonsumsi makanan seperti susu, tahu, kale, dan brokoli.
"Menyadari kalsium dalam berbagai makanan yang Anda makan," kata Isaaacs. Jika Anda cenderung minum banyak susu atau makan diperkaya kalsium sereal, Anda mungkin ingin normal kembali. Tidak yakin tentang kandungan kalsium makanan ini? Periksalah kembali kandungan nutrisinya.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment