Siapa yang tidak suka burger, kebab ataupun aneka sosis lezat dalam berbagai olahan, tentu banyak orang yang tidak dapat menolaknya. Terutama anak-anak adalah penyuka olahan sosis yang lezat. Namun tahukan anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut berdampak buruk bagi kesehatan. Studi terbaru menyatakannya seperti yang dimuat dalam bbcnews.com berikut.
Sosis, ham, bacon dan daging olahan lainnya tampaknya meningkatkan risiko mati muda, sebuah studi dari setengah juta orang di seluruh Eropa menunjukkan.
Ini menyimpulkan diet tinggi daging olahan dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, kanker dan kematian dini.
Para peneliti, menulis dalam jurnal BMC Medicine, mengatakan garam dan bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan daging dapat merusak kesehatan.
British Heart Foundation menyarankan memilih untuk pemotongan daging yang lebih ramping.
Studi ini diikuti orang dari 10 negara Eropa selama hampir 13 tahun rata-rata.
Faktor gaya hidup
Ini menunjukkan orang yang makan banyak daging olahan juga lebih mungkin untuk merokok, menjadi gemuk dan memiliki perilaku lain yang diketahui merusak kesehatan.
Namun, para peneliti mengatakan bahkan setelah faktor-faktor risiko yang menyumbang, daging olahan masih rusak kesehatan.
Satu dari setiap 17 orang mengikuti dalam studi meninggal. Namun, mereka makan lebih dari 160g daging olahan per hari - kira-kira dua sosis dan sepotong daging - yang 44% lebih mungkin meninggal selama waktu tindak lanjut khas 12,7 tahun dibandingkan mereka makan sekitar 20g.
Secara total, hampir 10.000 orang meninggal karena kanker dan 5.500 dari masalah jantung.
Prof Sabine Rohrmann, dari University of Zurich, mengatakan kepada BBC: "konsumsi daging tinggi, terutama daging olahan, terkait dengan gaya hidup kurang sehat.
"Tapi setelah disesuaikan untuk merokok, obesitas dan pembaur lain yang kami pikir ada risiko makan daging olahan.
"Berhenti merokok adalah lebih penting daripada memotong daging, tapi saya akan merekomendasikan orang mengurangi asupan daging mereka."
Keuntungan sehat
Dia mengatakan jika setiap orang dalam studi yang dikonsumsi tidak lebih dari 20g daging olahan sehari maka 3% dari kematian dini bisa dicegah.
Pemerintah Inggris menganjurkan untuk tidak makan lebih dari 70g merah atau daging olahan - dua iris daging asap - hari.
Seorang juru bicara mengatakan: "Orang-orang yang makan banyak daging merah dan olahan harus mempertimbangkan mengurangi."
Namun sedikit daging, daging bahkan olahan, memiliki manfaat kesehatan dalam penelitian ini.
Ursula Arens dari British Dietetic Association mengatakan program BBC Radio 4 Hari yang menempatkan daging segar melalui mincer suatu tidak berhasil diproses daging.
"Sesuatu telah dilakukan untuk itu untuk memperpanjang umur simpan nya, atau untuk mengubah rasa, atau untuk membuatnya lebih enak dalam beberapa cara ... dan ini bisa menjadi proses yang tradisional seperti pengasapan atau penggaraman."
Dia mengatakan kualitas yang lebih baik ham atau sosis masih digolongkan sebagai daging olahan, sedangkan burger buatan sendiri tidak menggunakan daging segar.
"Bagi kebanyakan orang tidak perlu untuk memasak kembali pada segar, daging merah. Bagi orang yang memiliki asupan yang sangat tinggi daging merah -. Makan banyak daging merah setiap hari - ada rekomendasi bahwa mereka harus mengurangi asupan mereka," tambahnya.
Ms Arens juga menegaskan bahwa temuan studi daging yang diproses dikaitkan dengan penyakit jantung baru.
Mr Roger Leicester, seorang ahli bedah konsultan dan anggota Advisory Panel Daging, mengatakan: "Saya setuju orang harus makan dalam jumlah kecil daging olahan."
Namun, ia mengatakan perlu ada fokus pada bagaimana daging olahan: "Kita perlu tahu apa pengawet, apa kandungan garam adalah, apa isi daging ... daging sebenarnya merupakan bagian penting dari diet keluar. "
Bukti yang berkembang
Dr Rachel Thompson, dari World Cancer Research Fund, mengatakan: "Penelitian ini menambah tubuh bukti ilmiah menyoroti risiko kesehatan dari makan daging olahan.
"Penelitian kami, yang diterbitkan pada tahun 2007 dan kemudian dikonfirmasi pada tahun 2011, menunjukkan bukti kuat bahwa makan daging olahan, seperti daging, ham, hot dog, salami dan beberapa sosis, meningkatkan risiko terkena kanker usus."
Organisasi itu mengatakan akan ada 4.000 kasus lebih sedikit dari kanker usus jika orang memiliki kurang dari 10 g sehari.
"Inilah sebabnya mengapa World Cancer Research Fund merekomendasikan orang menghindari daging olahan," kata Dr Thompson.
Tracy Parker, seorang ahli diet kesehatan jantung dengan British Heart Foundation, mengatakan penelitian disarankan daging olahan mungkin terkait dengan peningkatan risiko kematian dini, tetapi mereka yang makan lebih dari itu dalam studi juga membuat "pilihan gaya hidup yang tidak sehat lainnya".
"Mereka ditemukan untuk makan lebih sedikit buah dan sayuran dan lebih mungkin untuk merokok, yang mungkin memiliki dampak pada hasil.
"Daging merah masih bisa dinikmati sebagai bagian dari diet seimbang.
"Memilih untuk pemotongan lebih ramping dan menggunakan metode memasak sehat seperti memanggang akan membantu untuk menjaga jantung Anda sehat.
"Jika Anda makan banyak daging olahan, cobalah untuk bervariasi diet Anda dengan pilihan protein lain seperti ayam, ikan, kacang-kacangan atau kacang."
No comments:
Post a Comment