Jika Anda masih minum susu rendah lemak, bacalah artikel dibawah ini
Bila selama bertahun-tahun Anda telah diberitahu bahwa susu rendah lemak/skim lebih bermanfaat daripada susu full cream. Bahkan pedoman diet terbaru di Amerika mengajak masyarakat untuk menghindari susu full cream, bahkan program makan siang di sekolah hanya memberikan susu rendah lemak atau tidak ada susu sama sekali, meskipun mereka memungkinkan susu coklat skim dengan gula tambahannya. Tapi studi populasi besar yang melihat kemungkinan kaitan antara konsumsi susu full cream, berat badan dan risiko penyakit mulai dipertanyakan. Dan beberapa penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi susu full cream beratnya kurang dan kurang mungkin mengembangkan diabetes, juga.
Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Circulation , Dr. Dariush Mozaffarian dan rekan-rekannya menganalisis darah 3.333 orang dewasa yang terdaftar dalam Studi Kesehatan Perawat 'dari Health Professionals Follow-up Study diambil alih sekitar 15 tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki kadar tiga produk sampingan yang berbeda dari susu penuh lemak memiliki, rata-rata, risiko 46% lebih rendah terkena diabetes selama periode studi dibandingkan dengan tingkat yang lebih rendah. "Saya pikir temuan ini bersama-sama dengan orang-orang dari penelitian lain yang menyerukan perubahan dalam kebijakan merekomendasikan hanya produk susu rendah lemak," kata Mozaffarian. "Tidak ada bukti bahwa orang yang minum susu rendah lemak lebih baik daripada orang yang minum susu full cream."
Sejak produk susu penuh lemak mengandung lebih banyak kalori, oleh para ahli diasumsikan menghindari itu akan menurunkan risiko diabetes. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa ketika orang mengurangi berapa banyak lemak yang mereka makan, mereka cenderung untuk menggantinya dengan gula atau karbohidrat, yang keduanya dapat memiliki efek buruk pada insulin dan risiko diabetes. Dalam penelitian ini, Mozaffarian disesuaikan dengan peran berat yang dimainkan, dan menemukan hubungan antara asupan susu penuh lemak dan risiko diabetes lebih rendah tetap bertahan dari kenaikan berat badan.
Bahkan, di penelitian terpisah yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition , kelompok lain menganalisis dampak lemak penuh dan susu rendah lemak pada obesitas dan menemukan bahwa di antara 18.438 wanita dalam Studi Kesehatan Perempuan, mereka yang mengkonsumsi susu yang paling tinggi produk lemaknya menurunkan risiko kelebihan berat badan dari obesitas sebesar 8%.
Bersama-sama, data mulai mengungkapkan susu penuh lemak memiliki tempat dalam diet sehat, dan juga bagaimana fokus pada satu nutrisi dalam diet dapat menjadi bumerang. Ketika pedoman diet mulai mendesak orang untuk menurunkan jumlah lemak yang mereka makan, ide ini adalah untuk mengurangi jumlah kolesterol dan lemak sehat dalam tubuh. Tapi dengan berfokus hanya pada memotong lemak, ahli tidak mengandalkan pada kenyataan bahwa orang akan mengimbangi lemak hilang dan mulai beralih pada karbohidrat, yang mengubah tubuh menjadi gula-dan kemudian lemak tubuh.
"Ini hanya salah satu bagian dari bukti yang menunjukkan bahwa kita benar-benar harus berhenti membuat rekomendasi tentang makanan berdasarkan teori tentang salah satu nutrisi dalam makanan," kata Mozaffarian. "Sangat penting saat ini untuk memahami bahwa itu tentang makanan secara keseluruhan, dan bukan tentang nutrisi tunggal."
Meskipun tidak sepenuhnya jelas bagaimana full cream membantu untuk menurunkan risiko diabetes, itu mungkin bahwa full cream bekerja pada beberapa tingkat yang berbeda untuk mengatur insulin dan glukosa. Pada tingkat yang paling sederhana, orang yang minum produk susu lemak lebih tinggi akan memiliki cukup kalori sehingga mereka tidak akan merasa cukup lapar membutuhkan kalori tambahan dari makanan manis. Ada juga kemungkinan bahwa lemak dalam susu dapat bertindak langsung pada sel, bekerja pada hati dan otot untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk memecah gula dari makanan. Dan kemudian ada kemungkinan bahwa untuk makanan susu tinggi lemak tertentu, seperti keju, yang difermentasi, mikroba dapat bekerja untuk meningkatkan respon insulin dan risiko diabetes yang lebih rendah juga.
Mozaffarian tidak menganjurkan bahwa orang mulai mengkonsumsi sejumlah besar produk susu tinggi lemak jika mereka khawatir tentang risiko diabetes mereka. Studi lebih perlu dilakukan agar pedoman diet untuk mulai merekomendasikan susu full cream dalam rangka meningkatkan kesehatan. Tetapi hasilnya sejauh melakukan dukungan dari merekomendasikan pilihan hanya rendah lemak, katanya. "Dengan tidak adanya bukti untuk efek superior dari susu rendah lemak, dan beberapa bukti bahwa mungkin ada manfaat yang lebih baik dari seluruh produk susu lemak untuk diabetes, mengapa kita merekomendasikan hanya susu rendah lemak? Kami harus memberitahu orang-orang untuk makan berbagai susu dan menghapus rekomendasi tentang kandungan lemak. "